Chow Chow

Nama Group : Non-Sporting Group | Level Aktifitas : Membutuhkan Latihan rutin | Level Energi : Rendah | Level Gonggongan : Hanya Jika Diperlukan | Karakter : Trah Anjing Menengah | Ukuran : Sedang | Asal-Usul : China | Lingkungan : Cocok di daerah dingin | Bulu : Panjang | Jenis Bulu Rontok : Musiman | Pelatihan : Kemungkinan Susah Dilatih | Keluarga : Baik untuk anjing keluarga, namun bukan untuk anak kecil | Umur : 8 - 12 Tahun


• Masalah utama: PJK, entropion, keseleo patela

• Masalah kecil: displasia siku, katarak, distikiasis, PPM, torsio lambung, lubang hidung stenotik, glaukoma, langit-langit yang memanjang

• Kadang terlihat: hipoplasia kortikal ginjal

• Tes yang disarankan: pinggul, siku, mata, lutut, tiroid

• Rentang hidup: 8–12 tahun


MENGENAI CHOW CHOW

Chows adalah jenis anjing yang memiliki stamina besar dan memiliki tubuh rata-rata 20 inci jika dihitung dari bahunya. Ciri khas mereka yaitu berbulu singa di sekitar kepala dan bahu, memiliki lidah biru kehitaman, mata almond yang cekung menjadikannya memiliki ekspresi cemberut dan sombong serta gaya berjalan yang kaku. Bulunya memiliki lapisan kasar atau halus yang berwarna merah, hitam, biru, kayu manis, atau krem.

Para pemiliki anjing ini mengatakan, bahwa Chows adalah anjing yang paling bersih. Mereka mudah untuk dilatih buang air pada tempatnya, tidak terlalu berbau dan dikenal sangat cerewet seperti kucing. Chow yang disosialisasikan dengan baik cenderung tenang, tidak pernah galak atau keras, tetapi selalu beradab dan bermartabat. Mereka terlihat kesulitan untuk menyukai orang baru, tetapi sangat setia kepada orang yang memang dicintainya.

SEJARAH

Chow Chow, di antara ras yang ada, ras ini mungkin salah satu ras tertua di dunia, digambarkan dalam artefak Dinasti Han Tiongkok (c. 206 SM), tetapi bukti menunjukkan bahwa Chows telah ada jauh sebelum itu, mereka dianggap nenek moyang dari ras jenis spitz lainnya — dari ras yang gagh seperti Elkhound Norwegia hingga Pomeranian mungil.

Chows memiliki banyak peran selama sejarah panjang mereka. Kadang-kadang, mereka menjadi sahabat bangsawan bagi bangsawan Tiongkok. Seorang kaisar Dinasti Tang, sekitar abad kedelapan, dikatakan memiliki fasilitas kandang yang menampung sekitar 5.000 Chows dan staf permanen untuk mengurus anjing ini sebanyak dua kali lipat dari jumlah anjingnya. Nenek moyang mereka pernah dijadikan sebagai sumber makanan di masa lalu di tanah air mereka yang padat penduduk dan kekurangan protein. Sebutan lain untuk anjing pada zaman kuno yaitu Dapat Dimakan, dan teori di balik asal usul nama Chow mengatakan bahwa kata itu berasal dari kata Kanton yang berarti "dapat dimakan".

Penjelasan yang lebih populer tentang asal usul nama dari trah ini yaitu kapal dagang abad ke-18 Kerajaan Inggris. Pada saat itu "chow chow" mendeskripsikan barang-barang kecil di dalam kargo kapal yang tidak dirinci secara baik. "Chow chow" dijadikan istilah lain untuk mengatakan "dan sebagainya," .

Pada tahun 1820-an, Chow Chows pertama kali dipamerkan di Kebun Binatang London sebagai "Anjing Liar China", tetapi mereka tidak begitu populer di Negara Barat sampai Ratu Victoria, seorang pencinta anjing mulai memelihara jenis ini. Chows pertama kali dipamerkan di Amerika pada tahun 1890-an dan diakui oleh AKC pada tahun 1903.

NUTRISI MAKANAN

Pemilik jenis anjing ini cenderung lebih memilih untuk memberi makan makanan rendah biji-bijian. Periksa kulit Chow secara teratur apakah ada iritasi atau tanda-tanda alergi lainnya. Ketahuilah bahwa camilan anjing juga dapat menimbulkan alergi dan masalah pencernaan. Berikan makanan sesuai dengan porsinya, tidak berlebihan, hindari tulang yang dimasak dan makanan yang mengandung lemak tinggi. Pelajari tentang makanan manusia mana yang aman untuk anjing, dan mana yang tidak. Tanyakan kepada dokter hewan Anda jika Anda memiliki kekhawatiran tentang berat badan atau diet anjing Anda.

PERAWATAN

Chows yang memiliki lapisan bulu kasar maupun halus tetap membutuhkan perawatan yang teratur. Menyikat secara menyeluruh setidaknya dua kali seminggu dan mandi minimal sekali dalam sebulan dapat menjaga kesehatan kulit dan bulu anjing. Pastikan untuk segera mengatasi masalah parasit, seperti kutu pada anjing anda. Periksa juga bagian mata dan telinga untuk melihat apakah ada infeksi jamur atau tidak serta potong kuku mereka secara teratur. Bulu pada badan dan di sekitar kepala bisa menjadi sangat kusut jika tidak dirawat secara teratur. Perawatan dilakukan untuk mengurangi bulu menjadi kusut. Sebaiknya gunakan pengering udara dengan suhu dingin untuk mengeringkan Chow secara menyeluruh setelah mandi.

KEBUTUHAN OLAH RAGA

Chow Chow adalah anjing yang aktif dan waspada, sehingga membutuhkan olahraga ringan untuk menyalurkan energinya. Chow membutuhkan jalan-jalan setiap hari atau melakukan permainan sederhana dengan Anda sebagai pemiliknya. Hindari olahraga selama udara disekitar Anda terasa panas di siang hari, karena trah ini tidak tahan terhadap panas atau kelembapan yang tinggi. Jalan-jalan dengan kecepatan sedang empat kali atau lebih dalam sehari akan membantu menjaga Chow dan pemiliknya bahagia, sehat, dan melakukan aktivitas bersama-sama meningkatkan ikatan antara manusia sebagai pemilik anjing dan juga anjing itu sendiri.

PELATIHAN

Sosialisasi awal dan kelas pelatihan anak anjing direkomendasikan untuk dapat memastikan bahwa Chow tumbuh menjadi pendamping yang dapat menyesuaikan diri dan tetap berperilaku baik. Kesabaran dan konsisten adalah kunci keberhasilan dalam melatih jenis ini. Chow Chow adalah anjing yang sangat cerdas tetapi bisa menjadi sangat keras kepala. Metode pelatihan yang keras harus dihindari untuk dapat mengembangkan hubungan saling percaya antara Anda sebagai pemiliknya dengan anjing Anda. Kesabaran, pujian, dan latihan teratur adalah salah satu cara terbaik untuk melatih sekaligus mendekatkan Anda sebagai pemilik dengan anjing Anda

STANDAR CHOW CHOW: PDF dari AKC

 

sumber  : AKC, petfinder, dogtime, dog 101, dan google.


#Anjing #AnjingK9 #Anjing-Chow-Chow #Chow-Chow

WhatsApp Untuk Pasang Iklan!