Rottweiler

Nama Group : Working group [Anjing pekerja] | Level Aktifitas : Membutuhkan Latihan rutin | Level Energi : Tinggi | Level Gonggongan : Hanya Jika Diperlukan | Karakter : Trah Anjing Tercerdas | Ukuran : Besar | Asal-Usul : Jerman | Lingkungan : Mampu beradaptasi di lingkungan apapun | Bulu : Pendek | Jenis Bulu Rontok : Musiman | Pelatihan : Sangat Manut | Keluarga : Anjing agresif yang kurang cocok untuk keluarga | Umur : 9 - 10 Tahun


ISSUE KESEHATAN

Kekhawatiran utama: PJK, displasia siku, SAS, osteosarkoma || Masalah kecil: torsi lambung, hipotiroidisme, alergi || Terkadang terlihat: PRA, katarak, kejang, vWD, panosteitis, entropion, ectropion || Tes yang disarankan: pinggul, siku, jantung, mata, (vWD) || Rentang hidup: 9 - 10 tahun

 


MENGENAI ROTTWEILER

Anjing Rottweiler memiliki tubuh berotot, besar dan kuat. Bentuk kepala yang lebar dengan dahi yang bulat. Hidung lebar dan berwarna hitam. Bibir berwarna hitam dan gelap pada bagian dalam mulut. Mata berukuran medium berwarna gelap dan berbentuk seperti kacang almond. Beberapa Rottweiler dikenal memiliki mata biru atau salah satu biru atau cokelat.

Anjing Rottweiler mempunyai sifat yang sangat kuat, tenang, mudah dilatih, berani, dan setia terhadap pemiliknya dan keluarga. Sifat setia dan pelindung yang dimilikinya membuat mereka membela mati-matian keluarga mereka jika diperlukan dan tampaknya anjing Rottweiler ini lebih kuat terhadap rasa sakit. Anjing Rottweiler juga memiliki sifat berani dan percaya diri.

Jenis anjing ini membutuhkan pemilik yang berpikiran kuat, tenang, tapi tegas dan mampu menangani ukuran besar mereka. Anjing Rottweiler merupakan anjing penjaga yang alamiah, jinak dengan temperamen yang santai dan dapat diandalkan. Mereka sangat cerdas dan telah membuktikan nilai mereka dalam kepolisian, militer, dan bea cukai, bekerja selama berabad-abad dan dapat dilatih untuk kompetisi kepatuhan. Karena ukuran anjing ini cukup besar saat dewasa maka pelatihan harus dimulai ketika anjing Rottweiler masih kecil.

SEJARAH

Rottweiler diyakini merupakan keturunan dari anjing pengiring Romawi, yang bertanggung jawab untuk mengemudi dan menjaga kawanan ternak saat mereka menemani pasukan Romawi dalam perjalanan panjang. Selama abad-abad berikutnya, anjing terus memainkan peran penting sebagai penggembala ternak serta memberikan perlindungan dari beruang di sekitar tempat yang akan menjadi kota Rottweil. Anjing-anjing ini hampir dapat dipastikan merupakan jenis campuran dari berbagai strain Sennehund (Anjing Gunung).

Kota Rottweil berkembang menjadi daerah yang makmur dan menjadi pusat perdagangan ternak. Rottweiler diberikan tugas sebagai anjing penjaga ternak. Namun seiring berjalannya waktu, Rottweiler juga digunakan sebagai anjing penarik, akan tetapi pada akhirnya tergantikan oleh keledai. Hal ini menyebabkan Rottweiler  kehilangan fungsi vitalnya, sehingga keturunannya hampir punah. Hingga akhirnya pada tahun 1905 hanya tersisa satu Rottweiler betina di Rottweil. Dengan kesadaran bahwa trah ini hampir punah, sebuah klub dibentuk pada tahun 1901 dan bersiap untuk mengembangkannya kembali. Dua klub berikutnya dibentuk pada tahun 1907, salah satunya mempromosikan trah ini sebagai anjing polisi. Kedua klub bergabung pada tahun 1921.

Trah ini terus berkembang, dan pada tahun 1931 anjing ini dibawa dan tiba di Amerika serta memperoleh pengakuan AKC. Rottweiler banyak digunakan oleh polisi, militer, dan bahkan dijadikan sebagai anjing penyelamat gunung. Rottweiler pulih dari kepunahannya untuk berkembang menjadi ras paling populer kedua di Amerika pada awal 1990-an. Popularitas mereka sedikit menurun dan mereka mendapati diri mereka berada di rumah yang lebih sesuai dengan kebutuhan mereka.

NUTRISI MAKANAN

Rottweiler sebaiknya diberikan makanan anjing berkualitas tinggi, baik yang diproduksi secara komersial atau disiapkan di rumah dengan pengawasan dan persetujuan dokter hewan Anda. Makanan apa pun harus sesuai dengan usia anjing (anak anjing, dewasa, atau senior). Beberapa anjing cenderung kelebihan berat badan, jadi perhatikan konsumsi kalori dan tingkat berat badannya. Camilan bisa menjadi bantuan penting dalam pelatihan, tetapi memberi terlalu banyak dapat menyebabkan obesitas. Pelajari tentang makanan manusia mana yang aman untuk anjing, dan mana yang tidak. Tanyakan kepada dokter hewan Anda jika Anda memiliki kekhawatiran tentang berat badan atau diet anjing Anda. Air bersih dan segar harus tersedia setiap saat.

PERAWATAN

Rottweiler memiliki bulu yang lurus, kasar, dan panjang. Anjing ini harus disikat setiap minggu dan dimandikan secara teratur. Jenis ini mengalami kerontokan yang parah di musim semi dan musim gugur.  Giginya harus disikat dan kukunya dipotong setiap minggu. Penggunaan alat gerinda seperti Dremel sangat efektif dalam memotong kuku.

KEBUTUHAN OLAH RAGA

Rottweiler suka berenang, berjalan, dan berlari kecil, terutama dengan pemiliknya. Trah ini berotot dan atletis. Jenis ini sebaiknya selalu diberikan kesempatan untuk berolahraga ringan setiap hari. Rottweiler sangat baik dalam menggiring, melacak, maupun dalam bidang kepatuhan. Tidak ada batasan aktivitas anjing yang dapat dipelajari Rottweiler. Berat badan berlebih tidak baik untuk anjing mana pun, dan olahraga dapat membantu menjaga Rottweiler tetap bugar dan sehat.

PELATIHAN 

Rottweiler harus dilatih sejak dini. Kepemimpinan, sosialisasi anak anjing, kelas pelatihan dasar, dan tinggal di rumah pemilik adalah kunci untuk membesarkan Rottweiler yang santun. Trah ini cerdas, sangat terlatih dan ingin menyenangkan, meskipun beberapa mungkin keras kepala. Sangatlah penting bahwa disiplin harus konsisten, adil, dan tegas, tanpa kasar. Bekerja kasar dengan Rottweiler dapat mendorongnya menjadi agresif dan hal itu harus dihindari. Rottweiler unggul dalam banyak olahraga anjing, dan trah ini juga bekerja sama dengan manusia dalam banyak peran fungsional.

STANDAR ROTTWEILER: PDF dari AKC

sumber  : AKC, petfinder, dogtime, dog 101, dan google.


#Rottweiler #WorkingGroup #Anjing #AnjingK9