Siberian Husky

Nama Group : Working group [Anjing pekerja] | Level Aktifitas : Energik | Level Energi : Tinggi | Level Gonggongan : Sedang | Karakter : Trah Anjing Terbesar | Ukuran : Sedang | Asal-Usul : Rusia | Lingkungan : Cocok di daerah yang sejuk | Bulu : Sedang | Jenis Bulu Rontok : Musiman | Pelatihan : Mandiri | Keluarga : Anjing Keluarga | Umur : 12 - 14 Tahun


ISSUE KESEHATAN

Kekhawatiran utama: tidak ada || Kekhawatiran minor: PRA, katarak, distrofi kornea, hipotiroidisme || Kadang terlihat: PJK || Tes yang disarankan: mata, (tiroid), pinggul || Rentang hidup: 12 – 14 tahun

 


MENGENAI SIBERIAN HUSKY

Anjing Siberian Husky adalah anjing penarik kereta luncur yang bertubuh kuat dan padat. Anjing Siberian Husky memiliki mata berbentuk oval dengan warna biru, coklat, kuning atau kombinasi dari warna-warna tersebut. Namun dapat juga berwarna setengah biru dan setengah coklat (parti-eyed) atau satu mata berwarna biru dan satunya berwarna coklat (bi-eyed). Warna hidung tergantung pada warna bulunya, yaitu berwarna hitam jika bulunya berwarna abu-abu, tan (coklat) atau hitam dan berwarna merah hati pada bulu yang berwarna tembaga, dan hidung berwarna merah menyala pada bulu berwarna putih. Bagian wajah dan tubuh bagian bawah biasanya berwarna putih dan sisa bulu lainnya memiliki berbagai warna. Warna umumnya adalah hitam dan putih, merah dan putih, coklat, abu-abu dan putih, perak, Wolf-gray (abu-abu serigala), Sable (abu-abu musang) dan putih, merak-orange dengan tips hitam, abu-abu gelap dan putih. Warna Piebald adalah pola bulu yang sangat umum pada Siberian Husky. Telinga yang tegak berbentuk segitiga, letaknya tinggi diatas kepala. Kaki anjing ini disebut juga ”Snow Shoe” ( dijuluki Sepatu Salju) yang besar, karena memiliki bulu diantara ibu jari untuk menjaga agar mereka tetap hangat serta mampu berjalan diatas es. Bulu yang tebal dengan panjang medium bisa bertahan pada temperatur -58 derajat s/d -76 derajat F atau -50 s/d -60 derajat C.

SEJARAH

Anjing Siberian Husky digunakan selama berabad-abad oleh suku Chukchi dari semenanjung Siberia Utara untuk menarik kereta luncur, menggembala rusa dan sebagai anjing penjaga. Anjing Siberian Husky merupakan anjing pekerja yang sempurna untuk kondisi masyarakat Siberia yang keras, yaitu mempunyai sifat yang sangat kuat, bisa berintegrasi dalam kawanan kecil dan mampu bekerja selama berjam-jam. Anjing Siberian Husky memiliki stamina yang kuat. Anjing Siberian Husky berasal dari Siberia yang dibawa ke Alaska oleh pedagang bulu di Malamute untuk ras Arktik karena kecepatan mereka yang hebat.

Pada tahun 1908, Siberian Husky digunakan untuk permainan taruhan masyarakat Alaska dimana para Musher membawa anjing mereka untuk bertanding balap sejauh 408 mil. Anjing Siberian Husky mulai populer di tahun 1925 ketika terjadi Demam Dipteria di kota Nome, Alaska. Anjing ini digunakan untuk membawakan obat-obatan bagi orang yang sakit. Pada awal pertengahan 1900-an Admiral Byrd membawa Husky pada ekpedisinya ke Antartika. Selama perang dunia ke-2 ras ini digunakan untuk membantu Angkatan darat dan unit penyelamatan. Anjing Siberian Husky memiliki bakat seperti menarik kereta luncur, mengangkut dan balap.

Anjing Siberian Husky pertama kali dikenalkan oleh AKC pada tahun 1930.

NUTRISI MAKANAN

Memberi makan makanan anjing berkualitas tinggi sangat penting untuk kesehatan kulit dan bulu Siberia. Penyesuaian tingkat protein dalam makanan perlu dilihat berdasarkan tingkat aktivitasnya. Pada bulan-bulan musim panas, anjing ini hanya memerlukan tingkat protein yang lebih rendah, sekitar 20 persen. Apabila pada musim dingin tiba dan memiliki aktifitas yang banyak, kebutuhan protein akan meningkat sampai 32 persen. Pantau terus anjing, dan sesuaikan jumlah dan jenis makanannya sesuai kebutuhan. Hati-hati jangan sampai memberi makan berlebihan. Pantau berat setiap anjing, dan selektiflah tentang suplemen.

PERAWATAN

Siberian Huskies dianggap sebagai ras "alami". Anjing ini hanya perlu dimandikan sesekali, saat anjing sudah dalam kondisi yang kurang prima. Sikat mingguan membantu menjaga bulu dan kulit dalam kondisi baik. Siberian Huskies memiliki bulu ganda, lapisan bawah, dan bulu pelindung. Lapisan bawah biasanya mengalami kerontokan dua kali setahun. Perhatikan baik-baik panjang kuku, dan pangkas untuk mencegah terjadinya masalah pada kaki. Anjing ini adalah jenis yang membutuhkan perawatan yang sedikit lebih selektif untuk hasil terbaik.

KEBUTUHAN OLAH RAGA

Siberia adalah anjing yang aktif dan atletis yang membutuhkan banyak olahraga karena termasuk ke dalam jenis pekerja. Olahraga teratur sangat penting baik secara fisik maupun mental. Melakukan aktivitas bersama, dapat memperkuat ikatan antara anjing dan pemiliknya. Siberia dibiakkan untuk berlari dan akan melakukannya di setiap kesempatan, sangat penting untuk menjaga anjing tetap terikat, di kandang, atau di halaman berpagar setiap saat. Ada beberapa macam olahraga yang dapat dijadikan referensi yang dapat dinikmati oleh anjing dan pemiliknya, diantaranya yaitu reli, ketangkasan, dan kepatuhan. Siberia yang sibuk dan aktif adalah anjing yang bahagia dan sehat. Trah ini juga sangat mudah beradaptasi, dan bagi mereka yang tinggal di lingkungan perkotaan, jalan-jalan harian atau bermain dengan hewab lain dapat memberikan latihan yang bagus.

PELATIHAN

Semua ras mendapat manfaat dari sosialisasi awal, pelatihan kepatuhan dasar, dan belajar sopan santun, tidak terkecuali dengan jenis Siberian Husky. Bagi pemilik yang ingin melatih anjingnya dengan tali kekang, pelatihan ini membutuhkan waktu yang cukup lama dan tingkat kesabaran yang tinggi. Banyak tersedia referensi tentang bagaimana caranya memulai pelatihan anjing ini. Pendekatan terbaik adalah membuat semua latihan menyenangkan bagi anjing dan pawang. Siberia sangat sosial, dan membutuhkan interaksi dengan orang lain atau anjing lain. Mereka tidak cocok ditinggal sendirian sepanjang hari.

STANDAR SIBERIAN HUSKY: PDF dari AKC

sumber  : AKC, petfinder, dogtime, dog 101, dan google.
 


#SiberianHusky #WorkingGroup #Anjing #AnjingK9

WhatsApp Untuk Pasang Iklan!