Golden Retriever

Nama Group : Sport Group | Level Aktifitas : Membutuhkan Banyak Aktivitas | Level Energi : Sedang | Level Gonggongan : Hanya Jika Diperlukan | Karakter : Trah Anjing Tercerdas | Ukuran : Besar | Asal-Usul : Inggris | Lingkungan : Cocok di lingkuan yang luas dan sejuk | Bulu : Sedang | Jenis Bulu Rontok : Musiman | Pelatihan : Bersedia melakukan apapun yang diperintahkan | Keluarga : Anjing terbaik untuk anak kecil | Umur : 10 - 12 Tahun


ISSUE KESEHATAN

Kekhawatiran utama : CHD, Masalah kulit (alergi, hot spot, infeksi telinga),Hemangiosarcoma, Limfoma ||  Kekhawatiran kecil : SAS, Displasia siku, Gangguan mata (entropion, CPRA), Kejang, Hipotiroidisme, Tumor sel mast || Kadang-kadang terlihat pada jenis ini: osteosarcoma || Tes yang disarankan : Panggul, Siku, Mata, Jantung (tiroid) || Rentang Hidup : 10 - 12 Tahun


MENGENAI GOLDEN RETRIEVER

Anjing Golden Retriever merupakan anjing dengan ukuran menengah cenderung besar. Memiliki tengkorak yang luas dan moncong yang lurus. Hidung berwarna hitam atau hitam kecoklatan. Mata berukuran menengah besar berwarna coklat gelap, telinga yang pendek menggantung dekat pipi.

Saat ujung telinga ditarik ke depan, maka akan tepat menutupi mata. Ekor tebal dengan bulu disepanjang bagian bawahnya. Cakar yang berada di bagian dalam kaki dan diatas kaki (disebut Dew claws) dapat dihilangkan. Bulunya yang anti air berbentuk padat, lurus, atau bergelombang. Warna bulu anjing Golden Retriever ada yang berwarna krem sampai kuning keemasan.

Trah ini sangat menyenangkan, bersahabat, cerdas dengan pesona yang besar. Mereka mudah dilatih, dan selalu sabar dan lembut dengan anak-anak. Anjing Golden Retriever mempunyai sifat setia dan percaya diri, mereka adalah anjing keluarga yang populer. Energik dan penuh kasih, anjing Golden Retriever menikmati saat-saat menyenangkan tuan mereka, sehingga latihan kepatuhan bisa sangat bermanfaat. Mereka unggul dalam kompetisi. Bersahabat dengan semua orang, termasuk anjing lainnya, anjing Golden Retriever memiliki sedikit naluri penjaga.

Biarpun tidak suka untuk menyerang, anjing Golden Retriever dapat menjadi pengawas yang baik, pemberi sinyal yang kuat jika ada orang asing. Anjing ini perlu berada di sekitar orang yang menampilkan kepemimpinan untuk menjadikannya bahagia. Anjing Golden Retriever dapat menjadi destruktif dan sensitif, riang berlebihan dan mudah bosan jika ia kurang dalam latihan mental dan fisik harian. Beberapa bakat anjing Golden Retriever adalah berburu, pelacakan, pengambilan (Retriever), pendeteksian narkotika, kelincahan (Agility), ketaatan kompetitif, dan melakukan aksi trik serta anjing Golden Retriever ini juga suka berenang dan cenderung suka bermain dengan air.

SEJARAH 

Golden Retriever awal mula dikembangkan  di Dataran Tinggi Skotlandia pada masa pemerintahan Victoria oleh Dudley Marjoribanks, Lord Tweedmouth pertama. Selama 50 tahun antara 1840 dan 1890, Tweedmouth menyimpan catatan penting tentang pembiakan yang dilakukan untuk menciptakan gundog yang ideal untuk digunakan di perkebunan Guisachan miliknya di Highlands, Inverness-shire, Skotlandia.

Tweedmouth menginginkan seekor anjing yang cocok dengan iklim hujan dan medan terjal di daerah itu, jadi dia menyilangkan “Yellow Retriever” miliknya dengan ras yang sekarang sudah punah, Tweed Water Spaniel. Irish Setter dan Bloodhound juga ditambahkan ke dalam campuran. “Melalui beberapa generasi pembiakan yang cerdas,” seorang sejarawan menulis, “Tweedmouth menciptakan barisan retret yang luar biasa yang bekerja secara konsisten.” Dengan sedikit penyempurnaan setelah masa Tweedmouth, Golden Retriever kerap dijadikan sebagai hadiah untuk para bangsawan yang suka berburu.

Golden pertama kali terlihat di pameran anjing Inggris pada tahun 1908, dan spesimen yang baik mulai berdatangan di Amerika, melalui Kanada, pada waktu yang hampir bersamaan. Para pemburu olahraga menghargai kegunaan trah ini, banyak yang terpesona oleh kecantikan dan ketangkasan mereka, dan semua terkesan oleh temperamen Golden yang manis dan masuk akal. Golden Retriever dikagumi sejak awal sejarahnya di Amerika, tetapi popularitas trah ini benar-benar melonjak pada tahun 1970-an, era Presiden Gerald Ford dan dengan Golden cantiknya bernama Liberty. Anjing Golden Retriever pertama kali diakui oleh AKC pada tahun 1925.

NUTRISI MAKANAN

Disarankan untuk memberikan makanan anjing berkualitas tinggi yang sesuai dengan usia anjing (anak anjing, dewasa, atau senior). Goldens bisa menjadi kelebihan berat badan, jadi perhatikan konsumsi kalori dan tingkat berat badan anjing Anda. Jika Anda memilih untuk memberi camilan pada anjing Anda, lakukan dengan tidak berlebihan. Camilan bisa menjadi bantuan penting dalam pelatihan, tetapi memberi terlalu banyak dapat menyebabkan obesitas. Hindari tulang yang dimasak dan makanan dengan kandungan lemak tinggi. Pelajari tentang makanan manusia mana yang aman untuk anjing, dan mana yang tidak. Tanyakan kepada dokter hewan Anda jika Anda memiliki kekhawatiran tentang berat badan atau diet anjing Anda.

PERAWATAN

Goldens biasanya mengalami kerontokan secara musiman. Menyikat dengan sikat licin sekali atau dua kali seminggu akan menghilangkan sebagian besar rambut mati sebelum bulu yang rontok membuat furnitur Anda menjadi kotor. Selama masa kerontokan yang parah, sebaiknya penyisiran dilakukan setiap hari. Memandikan anjing ini juga dapat membantu mengendurkan bulu-bulu yang mati, tetapi anjing harus benar-benar dalam kondisi kering sebelum menyikat bulunya. Seperti semua ras, kukunya harus dipangkas secara teratur.

KEBUTUHAN OLAH RAGA

Seperti kebanyakan ras olahraga, Goldens membutuhkan banyak latihan setiap hari. Golden yang tidak cukup berolahraga cenderung berperilaku yang tidak diinginkan. Goldens bisa menjadi teman yang baik dalam lari jarak jauh dan bersepeda, meskipun konsultasi dengan dokter hewan disarankan sebelum memulai aktivitas berat atau berdampak tinggi yang dapat menyebabkan stres pada tulang dan persendian anjing. Banyak Goldens dengan senang hati berolahraga semisal berburu atau uji coba lapangan, maupun berpartisipasi dalam olahraga anjing seperti ketangkasan, kepatuhan, dan pelacakan.

PELATIHAN

Seperti pada semua ras, sosialisasi awal dan pelatihan anak anjing direkomendasikan. Mulai mengenalkan kepada anak anjing tentang tempat dan situasi yang baru, akan membantu Golden berkembang menjadi anjing dewasa yang dapat menyesuaikan diri dan berperilaku baik. Kelas pelatihan anak anjing berfungsi sebagai bagian dari proses sosialisasi dan membantu pemiliknya belajar mengenali dan memperbaiki kebiasaan buruk yang mungkin berkembang. Pelatihan kepatuhan memperkuat ikatan antara anjing dan pemilik. Golden Retriever sangat ramah, setia, dan bersemangat untuk melakukan kegiatan bersama Anda, yang membuat mereka sangat mudah untuk dilatih.

STANDAR GOLDEN RETRIEVER: PDF dari AKC

sumber  : AKC, petfinder, dogtime, dog 101, dan google.
 


#GoldenRetriever #SportingGroup #Anjing #AnjingK9